RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs
Mata Pelajaran : Fiqh
Kelas : VII
Waktu :
2 X 5 menit
A.
Standar Kompetensi
12. Memahami tata cara sholat Jum’at.
B.
Kompetensi Dasar
12.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan sholat Jum’at.
12.2. Menjelaskan ketentuan-ketentuan khutbah Jum’at.
12.3. Mempraktekan shalat Jum’at.
C.
Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian dan hukum serta menunjukkan dasar hukum shalat Jum’at.
2.
Menjelaskan
syarat wajib, syarat sah, dan fardhu-fardhu shalat Jum’at.
3.
Menjelaskan
pengertian, rukun, dan syarat-syarat khutbah Jum’at.
4.
Menunjukkan
sunnah-sunnah ketika akan, sedang, dan setelah shalat Jum’at.
5.
Menunjukkan
niat shalat Jum’at dan manfaatnya.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian dan hukum serta menunjukkan dasar hukum shalat
Jum’at.
2.
Siswa
mampu menjelaskan syarat wajib, syarat sah, dan fardhu-fardhu shalat Jum’at.
3.
Siswa
mampu menjelaskan pengertian, rukun, dan syarat-syarat khutbah Jum’at.
4.
Siswa
mengetahui dan mengamalkan sunnah-sunnah ketika akan, sedang, dan setelah
shalat Jum’at.
5.
Siswa
hafal niat shalat Jum’at.
E.
Karakter Siswa Yang Diharapkan
1.
Religius.
2.
Jujur.
3.
Santun.
4.
Disiplin
dan percaya diri.
5.
Bertanggung
jawab dan cinta ilmu.
F.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
shalat Jum’at.
2.
Syarat
wajib shalat Jum’at.
3.
Syarat-syarat
sah shalat Jum’at.
4.
Fardhu-fardhu
shalat Jum’at.
5.
Pengertian
khutbah Jum’at.
6.
Rukun-rukun
khutbah Jum’at.
7.
Syarat-syarat
khutbah Jum’at.
8.
Sunnah-sunnah
akan, sedang, setelah melaksanakan shalat Jum’at.
9.
Niat
shalat Jum’at.
10. Manfaat-manfaat.
G.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah.
2.
Tanya
jawab.
3.
Demonstrasi
.
H.
Media Pembelajaran
1.
Papan
tulis.
2.
Power
point.
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal
a)
Guru
memberi salam.
b)
Berdo’a
bersama pada awal kegiatan.
c)
Mengecek
kehadiran siswa.
d)
Apersepsi.
2.
Kegiatan
Inti
a)
Eksplorasi
Ø Guru menjelaskan materi shalat Jum’at.
Ø Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan dan tugas yang harus
dilakukan siswa.
b)
Elaborasi
Ø Siswa menelaah tata cara shalat Jum’at.
Ø Siswa mempraktekan shalat Jum’at.
c)
Konfirmasi
Ø Guru menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa.
Ø Guru memberikan kesimpulan tentang materi pembelajaran.
3.
Kegiatan
Akhir
a)
Guru
melakukan evaluasi tentang materi yang telah dibahas.
b)
Guru
memberikan informasi tentang materi yang akan datang.
c)
Guru
mengakhiri pembelajaran dan berdo’a bersama-sama.
d)
Guru
mengucapkan salam.
J.
Sumber Belajar
1.
Muhajir,
Risalah Bimbingan Shalat Lengkap, Bandung: HUSAINI.2001.
2.
انواع الصلوات/ macam-macam shalat.
K.
Penilaian
1.
Bentuk
penulisan: Tes Tertulis.
2.
Bentuk
uraian: Uraian.
3.
Instrumen
Penilaian:
a)
Jelaskan
pengertian shalat Jum’at dan hukumnya!
b)
Sebutkan
syarat-syarat wajib shalat Jum’at!
c)
Sebutkan
syarat-syarat sah shalat Jum’at!
d)
Sebutkan
perbuatan sunnah keterkaitan dengan shalat Jum’at!
e)
Jelaskan
pengertian khutbah dan sebutkan rukun-rukun khutbah!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar